Wali Kota Anwar Minta Penyelarasan Data Dasawisma Jakarta Timur Dilengkapi

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar memimpin pertemuan sinkronisasi atau penyesuasaian data Dasawisma sekaligus pertemuan Pembinaan Kesejakteraan Keluarga (PKK) di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (22/2). 

Adapun Dasawisma merupakan kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK yang memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. Peran Dasawisma diharapkan menjadi ujung tombak pelaksanaan kerjasama 10 program pokok PKK dan program pemerintah. 

“Sinkronisasi data Dasawisma hari ini terdapat sekitar 24.000 data. Tentunya perlu diklarifikasi data yang belum lengkap, seperti nama ibu kandung, saudara, dan nomer telfon yang bisa dihubungi, saya kasih waktu sampai hari senin untuk melengkapi data-data tersebut agar bisa dimasukan datanya dan disambungkan ke bank DKI,” kata Anwar. 

Penyelarasan data Dasawisma diminta segera diselesaikan lantaran akan ada peluncuran kartu dasawasma pada minggu depan oleh Gubernur DKI Jakarta. Akan ada keuntungan bagi dalam satu kelompok berupa dan abantuan.

“Senin pagi, Gubernur Provinsi Jakarta akan meluncurkan kartu kelompok dasawisma, jadi untuk 20 rumah satu kelompok dan diberikan bantuan sebesar Rp. 250.000 perbulan setiap ketua kelompoknya,” terangnya. 

Dalam hal ini, Dasawisma bertugas dalam hal administrasi. Mereka mencatat data terkini dari setiap kepala keluarga, usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (KB). Dengan begitu keberadaan Dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan, sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat sasaran. 

Selain itu, Dasawisma juga memiliki tugas beberapa hal di lingkungannya. Mulai dari mengadakan kerja bakti, lomba, pengawasan jentik nyamuk, hingga mengantisipasi timbulnya penyakit demam berdarah dengue (DBD). (p/ab)